Thursday, April 17, 2008

Buku DUA TONGKOL JAGUNG - Roland Bunch

Buku Dua Tongkol Jagung - Roland Bunch

Hari Senin 14 April lalu, saya ngobrol-ngobrol dengan Dr Edi Basuno dan Dr Rita Ganda Soemita di PSE, Jl A Yani, Bogor. Obrolan kami terutama mengenai bagaimana pengalaman mereka membentuk Kelompok Tani BINANGKIT, Dusun Pasantren, Desa Balekambang, Nagrak, Sukabumi bisa dicopy-paste dengan cepat ke tempat-tempat lain.

Sudah begitu banyak program-program bantuan pemerintah, yang dari penyerahan domba ternak atau sapi perah, yang berubah menjadi sate dalam sekejap. Meskipun percobaan mereka masih singkat (baru 3 tahunan) dan masih berjalan (tanpa dukungan pemerintah), KT Binangkit saya 'rasa' bolehlah. Saya melihatnya, meski cuma beberapa jam, dari dinamika kelompok yang ditunjukkan sore itu (10 April 2008). Para anggota aktif dan bergerak serba cepat.

Ngobrol sana ngobrol sini, Mas Edi menunjukkan buku pinternya. Ya, buku Pak Bunch ini. Ketika mereka menerimanya beberapa tahun lalu, mereka membahasnya halaman per-halaman. Seru sekali.

Ketika saya melihat buku itu, saya merasa pernah punya, sehingga tidak jadi meminjam. Benar sekali, ketika tiba di rumah, buku itu ada. Saya membelinya 3 November 2002! Versi Indonesianya yang diterbitkan Yayasan Obor Indonesia dan World Neighbors memang baru terbit 2001.

Buku langsung saya geber baca... malam itu juga... dan baru selesai beberapa menit lalu. Jumat 0200 tadi. Byuh byuh byuh, memang ruarrr biasa!!!

Terimakasih Mas Edi, terimakasih Mbak Rita.
Bravo!!!

No comments: