Tuesday, February 19, 2008

Bisnis 19-Feb-08: BRI Biayai Kebun Sawit Tanah Bumbu


Keuangan
Selasa, 19/02/2008
BRI biayai kebun sawit Tanah Bumbu
BOGOR: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menandatangani nota kesepahaman pengembangan kebun sawit seluas 6.000 hektare di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan dengan nilai kredit Rp211 miliar.

Kesepakatan tersebut diteken oleh Dirut PT BRI (Persero) Tbk Sofyan Basir, Rektor Institut Pertanian Bogor Herry Suhardiyanto dan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar di kampus IPB, kemarin.

Sofyan mengatakan pihaknya siap menyukseskan pengembangan perkebunan sawit tersebut degan menyediakan kredit Rp211 miliar untuk seluruh kebutuhan pengembangan kebun sawit tersebut.

"Revitalisasi kebun sawit ini dilakukan dengan pola kemitraan inti plasma dengan melibatkan academician-business-government-community (ABGC) dalam hal ini IPB dan Pamkab Tanah Bumbu," katanya.

Dia menjelaskan revitalisasi kebun sawit itu merupakan program pemerintah dalam upaya percepatan pengembangan perkebunan rakyat khususnya komoditas kelapa sawit, karet dan kakao.

Kerja sama tersebut meliputi perluasan lahan, peremajaan dan rehabilitasi kebun sawit yang didukung oleh kredit investasi dan subsidi bunga oleh pemerintah serta melibatkan perusahaan mitra dalam pembangunan kebun, pengolahan sampai pemasaran hasilnya.

Untuk kredit inti plasma BRI, Sofyan memaparkan saat ini telah terdapat 42 calon debitor yang mengajukan pembiayaan untuk pengembangan kebun sawit dengan nilai pengajuan mencapai Rp6-Rp7 triliun.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan kerja sama tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesempatan kerja melalui pengembangan perkebunan sawit sebagai program pengentasan kemiskinan.

Pembangunan kebun ini, dilakukan tiga tahap seluas 6.000 hektare mulai 2008 hingga 2010 di mana tahun ini akan dikembangkan 1.000 hektare lahan inti dan 1.000 hektare lahan plasma.

Selanjutnya, kata dia, pada 2009 akan dikembangkan 1.500 hektare lahan inti dan 1.000 hektare lahan plasma dan sisanya pada 2010 seluas 1.500 hektare.

Bupati Pemkab Tanah Bumbu Zairullah Azhar mengatakan dalam kerja sama tersebut pihaknya berperan sebagai penyedia lahan untuk pengembangan kebun sawit. (17)

Bisnis Indonesia

© Copyright 2001 Bisnis Indonesia. All rights reserved. Reproduction in whole or in part without permission is prohibited.

No comments: